Senin, 21 September 2015

TENTANG PUASA SUNAH DZULHIJAH SERTA KEUTAMA'ANNYA (8-9)DZULHIJAH   

Oleh @hanjawane99/balenrejo/bojonegoro-jatim                 
                                   

 Niat dan Keutamaan Puasa Dzulhijjah, Tanggal 1-9 Idul Adha 2015
           Setiap umat Islam didunia tetap harus menghayati tentang makna ‘Roh Haji’ walaupun kita semua tidak menuju ke Tanah Suci dengan tujuan akan mendapatkan pahala yang disarankan di 10 hari pertama pada bulan Zulhijjah. Allah SWT tetap mengharapkan kepada seluruh umat Islam bisa mendapatkan banyak manfaat di atas keutamaan para jemaah haji yang sudah diberikan amanah besar dalam menunaikan rukun Islam nomor 5, yaitu naik haji kepada setiap orang yang memang mampu.
Untuk siapapun umat Islam yang belum bisa berangkat menunaikan Ibadah haji, banyak keterangan dari Sunah Rasulullah SAW, yang menekankan supaya hita melakukan Puasa Dzulhijjah di bulan Idul Adha ini. Dengan tujuan, setiap individu muslim bisa dengan khusus menghayati terkait ‘Roh Haji’, pasalnya, Allah SWT tetap akan memberikan pahala juga rahmat-Nya dengan syarat setiap hambanya bisa tetap mematuhi semua perintah Allah dan menjauhi semua larangan Allah SWT.
Seperti banyak dari keterangan hadits Shahih, pada tanggal 1 sampai 10 di bulan dzulhjah ini, selain dianjurkan untuk memperbanyak dzikir, istighfar, berdoa dan melaksanakan sedekah, maka ada satu lagi yang sangat penting, yaitu lakukan Puasa Dzulhijjah. Tepatnya mulai tanggal 1 sampai tanggal 10 di bulan Dzulhijah khususnya sekarang ini di Idul Adha 2015. lalu Apa saja keutamaan Puasa Dzulhijjah? Seperti salah satu hadits sahih, yang diriwayatkan dari Ibn Abbas RA, Rasulullah SAW bersabda: “Tak ada amal soleh yang dilakukan di hari-hari lain yang sangat disukai daripada hari-hari ini, yatu sepuluh hari pertama di bulan Zulhijjah.” (Hadith Riwayat al-Bukhari). Dan masih banyak lagi keutamaan lainnya.
Inilah Keutamaan Puasa Dzulhijjah, tanggal 1 – 10 Dzulhijjah :
HARI
PERISTIWA
KELEBIHAN PUASA
1Zulhijjah Allah Ampuni Nabi Adam di Arafah. Diampuni Dosa
2Zulhijjah Allah kabulkan  doa Nabi Yunus dan keluarkan dari perut ikan nun Ganjaran seperti Orang yang beribadah dan berpuasa 1 tahun tanpa lakukan maksiat
3Zulhijjah Doa Nabi Zakaria dikabulkan Allah Allah akan mengabulkan doanya
4Zulhijjah Nabi Isa dilahirkan Allah akan menghilangkan kesusahan, melarat, dan fakir, juga nanti pada hari kiamat akan bersama orang baik, mulia dan terhormat
5Zulhijjah Nabi Musa dilahirkan dan memuliakan munajatnya Akan terlepas dia daripada sifat munafik juga siksa kubur.
6Zulhijjah Allah membukakan pintu kebaikan  Semua Nabi Akan dipandang Allah dengan penuh rahmat juga kasih sayang dan tidak akan diazab.
7Zulhijjah Pintu neraka jahanam dikunci, tidak dibuka sebelum berakhir pada hari ke-10 Zulhijjah. Allah akan menghindarkannya 30 pintu kemelaratan dan kesukaran juga membuka 30 pintu kemudahan
8Zulhijjah Hari ini disebut “Tarwiyah” atau Hari berfikir.Nabi Ibrahim bermimpi memperoleh  perintah dari Allah agar menyembelih puteranya Ismail. Seharian terus berfikir apakah perintah datangnya dari Allah atau syaitan Orang akan akan memperoleh pahala yang tidak terhingga banyaknya kecuali Allah Yang tahu.
9Zulhijjah Hari ini dikenal “Hari Arafah” (Hari tahu). Arafah maknanya tahu atau memahami.1. Di tempat inilah Nabi Adam mengerti akan jati dirinya, 2. Pada hari ini Allah memberitahu pada Nabi Ibrahim jika perintah menyembelih anak itu ialah perintah dari-Nya bukan dari syaitan, 3. Pada hari ini juga turun ayat al-Quran terakhir. Allah ampuni dosanya setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.
10Zulhijjah Hari Raya Idul Adha, atau Hari Raya Korban Haram berpuasa pada hari ini.
Niat Puasa Dzulhijjah :
– Niat Puasa Sunah Tanggal 1 – 7 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِي الْحِجَّةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Latin : “NAWAITU SHAUMA SYAHRI DHILHIJJATI SUNNATAN LILLAAHI TA’AALA”
Artinya : Aku niat puasa sunnah di bulan Dzulhijjah karena Allah Ta’ala
– Niat Puasa Tarwiyah Tanggal 8 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ التَّرْوِيَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Latin : “NAWAITU SHAUMAT TARWIYATA SUNNATAN LILLAAHI TA’AALA”
Artinya: Aku niat puasa sunnah tarwiyah karena Allah Ta’ala

– Niat Puasa Arafah Tanggal 9 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Latin : “NAWAITU SHAUMA ‘AROFATA SUNNATAN LILLAAHI TA’AALA”
Artinya: Saya niat puasa sunnah arafah karena Allah Ta’ala
                                                   
**matursuwun dulur sampun mampir                                             bumijowo.blogspot.com   ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar