Senin, 14 September 2015


 SEJARAH PERKEMBANGAN ISLAM ISLAM DI AFRIKA 

Oleh @hanjawane99/balenrejo/bojonegoro_jatim

 



Islam masuk Afrika sama dengan sejarah agama Islam itu sendiri. Orang Afrika yang masuk Islam pertama adalah Bilal bin Rabah adalah seorang Habsyi, Etiopia yang menjadi izin Muazin dan sahabat kesayangan Nabi Muhammad SAW. Masuknya Islam ke Afrika melalui lima cara berikut ini:
1.       Cara yang petama adalah expansi atau penakhlukan seperti penyerbuan Dinasti Al-Murabitin ke Afrika Barat tahun 1052-1076
2.       Cara kedua adalah migrasi dan pemukiman muslim di wilayah non muslim, seperti orang Yaman dan Oman menetap di daerah
peradapan Swahili, Afrika  Timur, yang sekarang merupakan wilayah Kenya dan Tanzania, dan juga budak-budak melayu yang didatangkan ke Afrika Selatan.
3.       Cara yang ketiga adalah perdagangan, melalui perdagangan lintas sahara. Perdagangan tersebut terjadi di Negara Negara Guinea, Mali, Sinegal, Niger, Uganda, Zaire, Malaw, dan Mozambik.
4.       Cara keempat adalah dakwak. Misi ini diemban oleh Mubalig, Guru dan Imam pengembara. Buku dan brosur yang menerangkan agama islam dicetak dalam bahasa Afrika dan ditujukan kepada golongan non muslim
5.       Cara kelima adalah dengan gerakan pembersihan moral, gerakan ini yang paling terkenal adalah gerakan yang dipimpin Usman dan Fodio di Nigeria.
Menurut data tahun2001 jumlah penduduk Afrika kurang lebih 750 juta dan 50% nya beragama Islam. Negara-negara yang terdapat di benua Afrika meliputi antaralain: Mesir, Libya, Chad, Somalia, Kenya, Tanzania, Zaire, Angola, Zambia, Uni Afrika Selatan dan ada beberapa lagi yang lain. Namun hanya akan kami sebutkan beberapa Negara saja untuk gambaran secara keseluruhan.
1.       MESIR
Mesir adalah satu-satunya Negara di benua Afrika yang paling dahulu mengenal Islam. Jumlah penduduknya sekitar 41.990.000 orang sekitar 3 juta orang yang beragama Kristen selebihnya beragama Islam. Di Mesir terdapat 8 universitas Al-Azhar yang sangat terkenal di dunia, didirikan tahun 972 M oleh dinasti Fathimiyah.
2.       LIBYA
Republik Libya luas daerah 1.795.540 km persegi  dengan jumlah penduduk 2,9 juta jiwa hampir seluruhnya beragama Islam, terdiri dari orang Arab dan Barbar. Penghasilan dari pertanian
3.       CHAD
Republik Chad terletak di bagian utara Afrika Tengah. Berpenduduk sekitar 4 juta jiwa yang 80%  beragama islam , 10% Kristen dan selebihnya Animisme. Bahasanya adalah bahasa Arab dan bahasa Perancis. Tahun 1965 didirikan  The Chad Liberation, tujuannya untuk mempertahankan Islam.
4.       NIGERIA
Nigeria terletak di Afrika Barat, termasuk produsen minyak yang besar, Negara kedua yang mengekspor minyak ke Amerika Serikat setelah Arab Saudi. Penduduknya bermacam-macam etnis tetapi hanya ada tiga suku yang dianggap besar. Jumlah penduduknya 95 juta dan 75% beragama islam selebihnya Animisme dan Kristen.
5.       SUDAN
Islam masuk ke Sudan sekitar abad ke-7 M atau pada masa pemerintahan Usman bin Affan yang dibawa oleh Abdullah bin Said Al Sarah. Pengajaran ilmu filsafat dan tasawuf adalah yang paling efektif dalam penyebaran agama Islam di negeri ini. Komunitas Islam sekarang sudah diperhitungkan oleh pemerintah setempat.
6.       ETIOPIA
Islam masuk Etiopia/Habsyi sejak zaman Rosulullah saw. Negara tujuan hijrah pertama para sahabat Nabi. Jumlah penduduk muslim di negeri ini mencapai 65%.
7.       UGANDA
Islam masuk di Uganda sekitar abad 19 M, dibawa oleh para dai dan ulama muslim pada masa pemerintah Raja Suna. Perkembangan islam di Uganda selalu mendapat rintangan dari pihak non muslim khususnya Kristiani yang jumlahnya mayoritas di negeri ini.
8.       AFRIKA SELATAN
Islam masuk Afrika Selatan tidak ada catatan pasti namun diperkirakan sama dengan datangnya islam di Eropa. Penduduk yang mayoritas adalah suku Melayu. Dan sampai saat ini jumlah penduduk Afrika Selatan sekitar23.720.000 dan hanya sekitar 474.000 penduduk yang beragama islam.
9.       Negara yang mempunyai penduduk mayoritas beragama islam seperti Aljazair, Tunisia dan Maroko.

Baca juga : 
Perkembangan Islam di Asia
Perkembangan Islam di Afrika
Perkembangan Islam di Eropa
Perkembangan Islam di Amerika dan Australi

Matursuwun sampun mampir/ bumijowo.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar